(021) 8617255
sman61jkt@gmail.com

Jl. Taruna Pahlawan Revolusi
Pondok Bambu, Duren Sawit

06:30 - 12:00
Senin - Jumat

021 - 8617255

sman61jkt@gmail.com

Jl. Taruna Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur

06:30 - 12:00

Senin - Jumat

Karya Tulis Ilmiah “Ornamen Batik Pesisir pada Produk Gitar Elektrik” oleh Rossiano Rizky, S.Pd

Indonesia kaya akan ragam kebudayaan dan produk kerajinan. Keanekaragaman suku, budaya, agama dan letak geografi membentuk karakter dan ciri khas karya antara satu sama lain. Berbagai kerajinan baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi selalu tercipta dengan rasa dan nilai seni yang tinggi bahkan banyak karya seni dan kerajinan Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Salah satu hasil karya bangsa Indonesia yang patut kita banggakan adalah karya seni batik.

Berawal dari karya seni batik di Indonesia yang berkembang cukup pesat dilihat dari segi aliran, teknik, medium dan objek yang menjadikan suatu cara ungkap bagi setiap penciptanya. Setiap pencipta karya seni batik sangat dipengaruhi oleh kebudayaan tempat mereka hidup sehingga karya mereka memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Daerah-daerah penghasil batik di Indonesia di antaranya adalah Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, Tasik, Bali dan lain-lain. Seniman-seniman batik tetap bertahan sampai saat ini adalah untuk mempertahankan budaya dan pengembangan industri batik sehingga beberapa seniman batik selalu bereksplorasi dan menjelajahi berbagai segi teknis dan jenis media, sehingga dapat memadukan berbagai macam kecenderungan dari wilayah setempat.

Pada kesempatan kali ini, penulis tertarik untuk mengembangkan batik daerah pekalongan tepatnya batik pesisir. Adapun alasan penulis mengangkat tema ini dikarenakan  motif batik pesisir bisa dimodifikasi karena batik pesisir merupakan jenis batik modern yang tidak memiliki nilai kesakralan yang tinggi sehingga kalangan masyarakat manapun bisa menggunakan motif tersebut. Batik Pekalongan adalah batik yang sangat terkenal dan kota Pekalongan sendiri dikenal sebagai kota batik yang mempunyai potensi besar dalam kegiatan pembatikan yang berkembang dengan pesat. Batik juga yang menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakatnya.

Karya-Tulis-Ilmiah-1

Leave a Reply

Your email address will not be published.