official website SMAN 61 Jakarta | 021 - 8617255

Pengantar

Humas SMA Negeri 61 Jakarta adalah salah satu bagian atau bidang sekolah yang merupakan garda terdepan dalam menciptakan pengertian, simpati, dan dukungan public sehingga dapat meningkatkan kepercayaan public  terhadap SMA Negeri 61. Tugas utama humas adalah memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat (promosi) serta melakukan penelitian opini public yang semuanya bertujuan untuk membuat masyarakat mengerti dan menerima  sebuah informasi yang terkait dengan  situasi dan kondisi sekolah.

Posisi humas sangat strategis bagi  tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen sekolah. Sasaran humas adalah seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) baik internal maupun eksternal  dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan yang harmonis antara sekolah dengan  stakeholder  dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi  di antara keduanya.

Dasar Legalitas

  1. UU Nomor 17/ 2007 tentang rencana pembangunan jangka panjang nasional tahun 2005-2025
  2. PP Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 49 ayat 1 dan pasal 61 ayat 1;
  3. PP Nomor 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.
  4. PP Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan Pasal 9 ayat 1, 2 dan 3;
  5. Permen Diknas Nomor 19 Tahun 2007  tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;

 

Visi Humas SMA 61:

Menjadi garda terdepan dalam pemberian informasi, edukasi, promosi , observasi dan negosiasi tentang  organisasi (sekolah) secara santun.

Misi Humas SMA 61:

  1. Memberikan informasi baik ke dalam maupun ke luar organisasi,
  2. Melakukan edukasi dalam arti transfer pengetahuan dan nilai  melalui berbagai media, 
  3. Melakukan promosi sehingga membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap sekolah
  4. Melakukan penelitian opini public (observasi) tentang kesan-pesan dan persepsi masyarakat terhadap sekolah.
  5. Melakukan negosiasi dengan pihak-pihak tertentu untuk mau menjalin hubungan yang saling menguntungkan
  6. Meraih simpati publik untuk dapat memberikan dukungan atas kebijakan organisasi.

Tujuan :

  1. Mendaptkan dan memberikan informasi kepada pemangku kepentingan internal maupun  eksternal.
  2. Memberikan edukasi melalui berbagi media.
  3. Membangkitkan ketertarikan masyarakat secara luas.
  4. Mendapatkan kesan-pesan dan persepsi masyarakat tentang organisasi.
  5. Memperoleh kemitraan yang dapat mendukung organisasi.
  6.  Mendapatkan  simpati publik untuk mendukung kebijakan organisasi.